Beranda Priangan Timur Pangandaran KPU Pangandaran, Pastikan Tahapan Pilkada 2020 Dilanjutkan Seiring Terbitnya Peraturan KPU (PKPU)...

KPU Pangandaran, Pastikan Tahapan Pilkada 2020 Dilanjutkan Seiring Terbitnya Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020 Perubahan

163
0

Pangandaran, Pewaris Padjadjaran.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, memastikan tahapan Pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran akan dimulai kembali pada 15 Juni mendatang.

Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, menyampaikan kepada Media Pewaris Padjadjaran.com Cetak dan Online, bahwa hal itu berdasar pada Peraturan KPU (PKPU) No. 5 Tahun 2020 perubahan atas PKPU Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada 2020 yang sudah terbit.

“PKPU perubahan ini telah terbit tadi malam, yang substanstinya pelaksanaan pemilihan pada 9 Desember dan tahapan Pilkada dilanjutkan pada 15 Juni,” ujar Muhtadin saat di konfirmasi Pewaris Padjadjaran pada Sabtu (13/6/2020).

Untuk memulai kembali tahapan tersebut, KPU Pangandaran akan mengaktifkan kembali badan penyelenggara ad hoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pihaknya akan melanjutkan tahapan yang tertunda karena pandemi covid-19 beberapa waktu lalu.

“Kemarin yang ditunda itu verifikasi perseorangan, karena itu, setelah pilkada dilanjutkan, akan dilanjut yang itu, verifikasi faktual syarat calon perseorangan.” Ungkap Muhtadin.

Selain itu tahapan yang kemarin sempat tertunda adalah pembentukan sekretariat PPS dan pembentukan PPDP.

Muhtadin juga menambahkan, pelaksanaan pilkada akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, mulai dari verfak perseorangan, pemutakhiran data pemilih tahapan kampanye hingga hari H atau pemungutan suara.

“Penyelenggara akan dilengkapi APD dan pemilih wajib mengenakan masker. Selain itu, jumlah pemilih di TPS dikurangi maksimal jadi 500 yang tadinya 800 untuk menghindari kerumunan banyak orang,” Imbuh Muhtadin.

Sementara itu, Komisioner KPU Pangandaran  Divisi SDM dan Partisipasi Masyakarat, Maskuri Sudrajat mengatakan, pihaknya siap menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu kendati di tengah wabah virus corona.

“Khawatir tentu ada (tingkat partisipasi menurun). Namun, itu tidak jadi satu alasan menurunkan kualitas penyelenggaraan, dan kami yakinkan kepada masyarakat Pangandaran bahwa kami penyelenggara juga badan adhoc PPK PPS siap mensukseskan pilkada Pangandaran 2020” Pungkas Maskuri mengakhiri pembicaraan didepan para awak media yang mewawancarainya. ( Ateng Jaelani ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here