Beranda Seputar Jabar Priangan Timur Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan Menerima Bantuan Progran Rutilahu

Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan Menerima Bantuan Progran Rutilahu

178
0

Sumedang, PPJ

Sebanyak 28 rumah warga di Desa Margalaksana Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang mendapat bantuan  perbaikan rumah dari program rumah tidak layak huni (Rutilahu), yang merupakan program kerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam visi misi Jabar Juara Lahir Bathin.

Dan program rutilahu di Jawa Barat tersebut totalnya adalah 11 ribu unit rumah yang mendapatkan program rutilahu yang mana kabupaten sumedang masuk dalam jumlah tersebut, salah satu Desa yang mendapatkan bantuan tersebut adalah desa Margalaksana.

Keadaan rumah sebelum diperbaiki

Sewaktu awak media PPJ mendatangi kantor Desa Margalaksana untuk bertemu dengan Kepala Desa Andre Y Mochtar. SE untuk meminta keterangan tentang program Rutilahu tersebut yang mana pada kesempatan itu Andre tidak berada di tempat karena sakit, PPJ hanya di wakili oleh tim teknis rutilahu Desa Margalaksana dan Sekdes Desa Margalaksana Jujun Junaedi Rabu (9/01/21).

Mulyana menjelaskan, “Benar program tersebut telah didapatkan oleh Desa Margalaksana dan Alhamdulilah pada tahun ini kami mendapatkan bantuan rutilahu dari Pemerintah Provinsi dengan nilai bantuan sebesar Rp.17,5 juta perkeluarga penerima manfaat.” kata Mulyana selaku tim teknis rutilahu desa margalaksana.

Keadaan rumah setelah diperbaiki

“Bantuan di berikan sebesar itu dalam bentuk material adapun pelaksanaan kegiatan itu sendiri dilaksanakan dengan cara gotong royong dan swakelola yang telah di bentuk berdasarkan hasil rapat dan musyawarah.” Imbuhnya.

Masih menurut Mulyana, “Alhamdulilah pelaksanaan program ini dapat berjalan dengan lancar aman dan tertib sehingga bisa membantu masyarakat yang tidak mampu dan belum mempunyai rumah yang layak karena sejatinya rumahku istanaku, saya sangat antusias dengan adanya program bantuan rutilahu dari Gubernur ini kedepannya Desa Margalaksana bisa menyerap anggaran program Pemerintah Pusat maupun daerah yang belum terkaper di Desa Margalaksana.” Pungkasnya.

Selanjutnya menurut Sekdes Desa Margalaksana Jujun Junaedi yang mewakili Kades yang tengah sakit menambahkan bahwa, dengan adanya program rutilahu ini masyarakat merassa senang dan sangat terbantu, dimana pelaksanaan rutilahu tahap 1 di bulan Desember 2020 berjalan dengan lancar tidak ada kendala selanjutnya tahap 2 yaitu pada bulan Januari 2021 dan bersyukur telah memenuhi target aman dan lancar pengerjaan sudah maksimal dan tinggal pinishing.

“Saya berterimakasih sekali kepada Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi yang telah membantu masyarakat Desa Margalaksana melalui program rutilahu yang sekarang pengerjaannya sedang di laksanakan ini dan saya menghimbau bagi warga yang belum mempunyai kesempatan mendapat bantuan perbaikan rumahnya mudah mudahan kedepannya bisa mendapatkan sesuai dengan jurgonya yaitu Sumedang Simpati.” Ujarnya.

Jujun berharap, “Kepada semua elemen masyarakat bisa membantu demi terciptanya Desa Margalaksana bisa lebih baik lagi dan maju, sehingga Desa Margalaksana bisa mengusung program program pemerintah sesuai dengan peruntukan dan atas nama masyarakat penerima mamfaat yang ada di desa margalaksana yang mendapat bantuan rutilahu, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya program rutilahu ini sehingga bisa berjalan dengan lancar aman dan sesuai dengan harapan.” Pungkasnya. (Siti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here