Beranda Cekungan Bandung Kota Bandung Praktisi Pendidikan, Najeela Shihab: Mengajar itu Esensinya Belajar

Praktisi Pendidikan, Najeela Shihab: Mengajar itu Esensinya Belajar

117
0

Bandung,  PPJ

Masa pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang melakukan kegiatan di rumah. Begitupun dengan anak sekolah yang harus belajar dari rumah. Hal ini tak lain untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Melihat hal tersebut, tentu peran orang tua sangat penting dalam mendampingi anaknya saat belajar dari rumah. Orang tua pun dapat lebih dekat secara fisik dengan anak dan mengenal psikologis mereka. Namun, tak sedikit orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya karena harus bekerja. 

Praktisi pendidikan, Najeela Shihab mengatakan, mengajar itu esensinya belajar. “Justru pengalaman belajar bersama dan belajar dari anak sangat penting sehingga manfaat pembelajaran tidak hanya dirasakan oleh anak-anak, tapi juga orang tua dan guru,” tuturnya, seperti dilansir http://kemdikbud.go.id, Rabu (4/11/2020). Dikutif dari laman resmi Disdik Jabar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pun mengeluarkan kebijakan dalam mencegah penyebaran Covid-19, yaitu meniadakan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional yang diganti dengan Asesmen Nasional. Upaya ini bertujuan mengevaluasi kinerja sekolah. 

“Asesmen memberikan umpan balik untuk guru dan sekolah bagaimana cara meningkatkan kualitas, bukan untuk sistem seleksi anak masuk negeri dan swasta,” jelas Mendikbud, Nadiem Makarim.

Produser dan pemain film, Dian Sastrowardoyo pun mendukung kebijakan tersebut. Dian berharap Indonesia segera meningkatkan daerah 3T yang menjadi pelopor kemajuan di bidang pendidikan dan ekonomi. “Daerah-daerah terpencil akan mampu melahirkan pendidik dan peserta didik yang kompeten jika diberikan subsidi pendidikan sebagai pendukung mutu pembelajaran,” tutupnya.(Jak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here