Beranda Seputar Jabar Purwasuka Totosan Air Impian Warga Desa Bojongloa Subang

Totosan Air Impian Warga Desa Bojongloa Subang

150
0

Subang, PPJ

Warga masyarakat Bojongloa Kecamtan Kasomalang Kabupaten Subang Jawa Barat mempunyai satu cita-cita yang sangat tinggi sejak lama yakni ingin membuat saluran air guna mengairi area pesawahan yang ada disekitar Desa Bojongloa.

Walaupun keinginanan itu sangatlah mustahil dapat terealisasi, warga masyarakat desa Bojongloa tetap pada keinginanya agar bisa terealisasi dan nantinya menjadikan suatu kebanggaan bagi semua masyarakat khususnya bagi para petani yang ada di sekitarnya.

Wahlin wagianto selaku kepala desa Bojongloa Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang,  mengundang seluruh para petani, masyarakat dan tokoh untuk duduk bersama guna merealisasikan keinginan warganya yakni membuat saluran yang menembus di bawah jalan (totosan) yang panjangnya 20 meter.

“ Saya sudah mengundang seluruh para petani, masyarakat dan tokoh untuk duduk bersama guna merealisasikan keinginan warganya yakni membuat saluran yang menembus di bawah jalan (totosan) yang panjangnya 20 meter.” Ujar Wahidin penuh semangat.

“Membuat totosan/ tembusan saluran air tersebut nantianya akan menyatukan dua saluran air yakni saluran Cipabeulah dari Desa Sindangsari dan pembuangan dari Situ Cigayonggong Desa Kasomalang Wetan menjadi satu aliran guna mengairi sektar 60 hektar sawah yang ada di Desa Bojongloa yakni Blok Patenggeng dan Bariah apalagi mengingat susahnya air dimusim kemarau yang panjang ini.” Ungkapnya.

Adapun biaya yang di gunakan tidaklah sedikit diperkirakan akan menghabiskan biaya sekitar Rp. 80.000.000 itupun dana yang kini terkumpul dari hasil swadaya masyarakat baru dikisaran Rp. 37.800.000,- yang akan di belanjakan saluran air atau gorong gorong sebanyak 16 buah.

Wahlin wagianto berharap, “Kepada seluruh elemen masyarakat bisa mendukung dan tak lupa khususnya kepada Kepala Daerah Kabupaten Subang H. Rohimat beserta jajaranya agar senantiasa bisa membantu baik dari segi moril (kehadiran) maupun materil.” Pungkas Wahlin kepada para wartawan yang mewawancarainya. (Endang, Sutia, Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here