Beranda Seputar Jabar Ciayumajakuning RTIK Indramayu Gelar Rapat Kerja Sukseskan Cakap Digital

RTIK Indramayu Gelar Rapat Kerja Sukseskan Cakap Digital

25
0

INDRAMAYU – Pewaris Padjadjaran.

Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) kabupaten Indramayu menggelar rapat kerja cabang organisasi yang dilaksanakan di Aula Radio Kijang Kencana 911 FM Indramayu, Minggu 18 September 2022.

Dalam rapat kerja cabang organisasi ini dibahas salah satunya untuk menyikapi situasi perkembangan digital di kabupaten Indramayu mengingat hampir semua bidang kehidupan manusia sudah menggunakan Teknologi Digitalisasi, dimana perkembangan dunia Digitalisasi yang sangat cepat di era Industri 4.0 yang sudah semakin maju.

RTIK merupakan organisasi yang mempunyai fungsi untuk mendampingi masyarakat dalam pemanfaatan teknologi digital, sebagai salah satu garda terdepan dalam memberikan edukasi dan literasi digital kepada masyarakat. Kemudian menangkal Hoax dan memberikan rasa tenang kepada masyarakat ketika terjadi keresahan oleh Hacker di media digital.

RTIK kabupaten Indramayu mengadakan rapat kerja cabang dengan merumuskan program kerja dari masing-masing bidang antara lain Bidang Kesekretariatan, Bidang Kemitraan dan Legal, Bidang Program dan Aptika, Bidang Penelitian dan Pengembangan SDM, Bidang Komunikasi Publik, Bidang Usaha Ekonomi Kreatif, dan E-Sport.

Hasil dari rumusan tersebut nantinya akan diimplementasikan langsung ke masyarakat luas dengan program kerja terdekat yaitu RTIK Indramayu akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Literasi Digital segmen Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) yang akan dilaksanakan di SMKN 2 Indramayu pada bulan Oktober tahun 2022 yang nantinya akan berkelanjutan ke segmen Kampus, Ekonomi kreatif/UMKM dan Pondok Pesantren.

Dalam merealisasikan program Edukasi Literasi Digital tersebut, RTIK Indramayu menggunakan metode empat pilar program kerja diantaranya Etika Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital dan Skill Digital sehingga masyarakat dapat tercerdaskan dalam pemanfaatan Digital dan program pemerintah Indonesia semakin cakap digital dapat terwujud.

Ketua RTIK kabupaten Indramayu, Nana menyampaikan, RTIK merupakan mitra dari pemerintah dalam hal ini pemerintah kabupaten Indramayu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang akan turut serta mensukseskan program Literasi Digital.

“Hal ini dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan Jawa Barat dengan melaksanakan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat sehingga Indonesia Cakap Digital dapat terwujud dengan baik serta merupakan upaya dalam mendukung dan mewujudkan Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat),” ujarnya

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua RTIK kabupaten Indramayu Rohmawan menambahkan, program kerja edukasi dan pendampingan Literasi Digital kepada masyarakat tersebut juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi digital sebagai anugerah bukan sebagai bencana sehingga masyarakat dapat cerdas digital dan etis bermedia, berbudaya digital baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

“RTIK kabupaten Indramayu yang akan bersekretariat di salah satu Ruangan di Radio Kijang Kencana / K2 911 FM ini menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat terutama masyarakat Indramayu. Semoga kehadiran RTIK Indramayu dan Teknologi Digital ini bisa bermanfaat sebagai edukasi digital untuk kebaikan bersama. ( Nur 17 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here