Beranda Seputar Jabar Ciayumajakuning “Lebu Digital”Desa Cangkingan Sudah Bisa Cetak KTP Elektronik

“Lebu Digital”Desa Cangkingan Sudah Bisa Cetak KTP Elektronik

56
0

INDRAMAYU -pewaris Padjadjaran.

Salah satu desa di kecamatan Kedokanbunder Sebagai desa digital yang terbaik di Kabupaten Indramayu dan Jawa Barat, yang sudah masyarakat rasakan,di Desa Cangkingan sudah bisa langsung cetak KTP elektronik.

Rencana untuk merealisasikan pencetakan KTP elektronik di Desa Cangkingan tersebut kini mulai dimatangkan oleh semua pihak. Selasa (1/3/2022) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu melaksanakan uji coba mulai dari sistem, perlengkapan, hingga hal lain untuk menjalankan rencana tersebut.

Kadisdukcapil Kabupaten Indramayu, Moh. Iskak Iskandar menjelaskan, dengan uji coba tersebut maka pembuatan KTP elekronik  dapat dilakukan di Desa Cangkingan tanpa perlu harus kecamatan dan dinas.

Masyarakat desa cangkingan bisa datang langsung dan mengurus KTP elektronik di desa dengan melengkapi persyaratan yang sesuai dan tentukan.

Iskandar menambahkan, bukan hanya pembuatan KTP elektronik, di Desa Cangkingan masyarakat juga dapat melakukan pembuatan Kartu Keluarga (KK), pencetakan Akta Kelahiran dan Akta Kematian yang sudah diajukan di Disdukcapil Kabupaten Indramayu serta Pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Kita apresiasi penerapan Desa Digital atau Lebu Digital di Desa Cangkingan ini. Untuk itu Desa Cangkingan kita siapkan untuk menerima program ini karena semuanya sudah siap,” tegas Iskandar.

Sementara itu Kuwu Cangkingan, Didi Wahyudi sangat menyambut baik rencana ini. Pihaknya berharap, dengan adanya cetak KTP elektronik di desa akan semakin  mempermudah masyarakat Desa Cangkingan dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Yudi menambahkan, program tersebut akan menjadikan Desa Cangkingan lebih maju dan inovasi karena akses masyarakat desa terhadap informasi dan pelayanan desa dapat mudah diakses dan tersampaikan dengan cepat dan tepat.

“Terima kasih saya ucapakan kepada bupati, kadisduk, camat yang penuh komitmen untuk menjadikan desa kami menjadi desa digital. Program desa digital atau lebu digital kini mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa kami,” kata Yudi.

Di tempat terpisah Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi sangat menyambut baik rencana pencetakan KTP elektronik di Desa Cangkingan tersebut. Pasalnya, Desa Cangkingan sudah membuktikan kepada publik terhadap manfaat dari penerapan desa digital atau lebu digital.

Atang menegaskan, penerapan desa digital atau lebu digital merupakan suatu kebutuhan ditengah era digitalisasi pemerintahan saat ini. Apalagi program tersebut merupakan salah satu dari 10 program unggulan Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina.

“Kita targetkan semua desa di Kecamatan Kedokanbunder pada tahun 2022 ini secara perlahan untuk bisa menerapkam desa digital atau lebu digital,” tegas Camat Atang.( Nur 17 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here