Beranda Seputar Jabar Ciayumajakuning Pemkab Indramayu Bersama BAZNAS Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H ”...

Pemkab Indramayu Bersama BAZNAS Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H ” Meneladani Ahlak Rasulullah SAW.”

19
0

INDRAMAYU — Pewaris Padjadjaran.

Pemerintah Kabupaten Indramayu bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Indramayu dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Kabupaten Indramayu menggelar kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam 1444 H.

Bertempat di Serambi Timur Masjid Agung Kabupaten Indramayu, Senin (31/10/2022). secara bersamaan juga diserahkan santunan bagi keluarga kurang mampu sebagai bentuk meneladani akhlak Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang peduli terhadap sesama guna menjadi bekal dalam membangun Indramayu yang Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

Peringatan maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang diawali dengan pemberian santunan berupa sembako kepada keluarga yang tidak mampu sejumlah 100 paket, kemudian dilanjutkan dengan tabligh akbar oleh K.H Muhammad Carsita yang diikuti para jemaah majelis ta’lim se-Kabupaten Indramayu serta perwakilan perangkat daerah Indramayu.

Sambutan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang disampaikan Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jajang Sudrajat mengatakan, peringatan maulid nabi selain memperingati kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam juga menjadi momen strategis untuk senantiasa menjadikan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam sebagai suri tauladan.

Menurutnya, peringatan maulid Nabi selain untuk meneladani akhlak Rasulullah juga untuk menyebarkan syiar islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin yang dapat diartikan bahwa di manapun kita berada hendaknya mampu berbagi rahmat dan manfaat bagi lingkungan sekitar.

“Tauladan yang baik yang bisa kita ambil salah satunya adalah dengan memberi manfaat pada lingkungan di sekitar kita,” katanya.

Senada dengan hal tersebut, sebagai bangsa dengan masyarakat yang plural, teladan dan sikap Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam hendaknya dapat diwujudkan dengan senantiasa membangun serta saling menghormati, berjiwa damai dan berkeadilan, termasuk toleransi di masyarakat sehingga visi Indramayu Bermartabat dapat terwujud.

“Mari kita wujudkan Indramayu Bermartabat dengan meneladani akhlak Rasulullah sebagai bekalnya,” tambahnya.

Dirinya juga mengatakan, kegiatan yang berisi tabligh akbar ini akan memperluas khasanah keilmuan terutama ilmu agama, karena menuntut ilmu merupakan keutamaan dan kewajiban bagi seorang muslim, dimana proses belajar dimulai ketika lahir hingga sampai ke liang lahat.

“Oleh karena itu kita harus senantiasa memperdalam ilmu agar prinsip hidup kita semakin kuat sehingga tidak mudah terombang ambing dan terpecah belah oleh berbagai situasi,” ujarnya.

Jajang mengajak kepada seluruh jemaah yang hadir, untuk bersama mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar serta mengatasi berbagai persoalan di daerah dengan lebih arif dan bijaksana, sidiq, amanah, tabligh, fatanah sebagai sifat Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam.

“Mari kita sama-sama implementasikan sifat-sifat rasul dalam mengatasi persoalan yang ada, untuk kemaslahatan masyarakat utamanya di Kabupaten Indramayu,” ajaknya.

Sementara itu Ketua DKM Masjid Agung Kabupaten Indramayu Aan Fathul Anwar menyampaikan, pihaknya akan terus berusaha untuk senantiasa memakmurkan Masjid Agung Indramayu, salah satunya dengan menggelar kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti memperingati maulid Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wa sallam sebagai media untuk menyebarkan syiar islam.

Aan menambahkan, Rasulullah merupakan suri tauladan yang baik bagi umatnya, hal tersebut bisa ditemukan dalam diri beliau baik dalam beribadah maupun dalam berperilaku terutama dalam bermasyarakat.

“Melalui momentum ini, mari kita meneladani akhlak Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam baik itu dalam perilaku, tutur kata maupun dalam beribadah. Nanti akan dibahas semuanya oleh pak kyai dalam tausiahnya.” ( Nur 17 )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here