Beranda TNI Bakamla RI Eratkan Sinergi dengan Direktorat Kenavigasian, Ditjen Hubla

Bakamla RI Eratkan Sinergi dengan Direktorat Kenavigasian, Ditjen Hubla

130
0

Pewarispadjadjaran – Jakarta, Direktur Data dan Informasi Bakamla RI Laksma Bakamla Enjud Darojat, S.T., M.M., bersama Kepala Kantor Pusat Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI Kolonel Bakamla Jan Lucky Boy, S.E., M.M. melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, JL. Medan Merdeka Barat No. 8, Jakarta Pusat, Kamis (20/5/2021)

Salah satu destinasi kunjungan kerja kali ini adalah ke Direktorat Kenavigasian, Ditjen Hubla. Kunjungan kerja dibuka dengan sesi diskusi oleh Direktur Kenavigasian Ir. Hengki Angkasawan, yang menjadi semakin hangat saat tindak ilegal di laut mulai dibahas.

Kedua instansi berkomitmen untuk menanggulangi berbagai ancaman yang terjadi di wilayah perairan Indonesia. Kasus pencemaran laut di perairan Batam dan Bintan karena aktifitas kapal pembuang limbah juga turut dibahas. Selain itu ancaman perilaku anomali kapal dan pelanggaran hukum di wilayah padat lalu lintas kapal, manipulasi data kapal, kapal-kapal yang sering mematikan AIS saat beraktifitas di laut, dan kegiatan transhipment di tengah laut, masiih menjadi beberapa fokus utama kegiatan operasi kedua instansi.

Hasil dari diskusi ini Direktorat Kenavigasian memberikan dukungan kepada Bakamla RI dengan menyediakan sistem monitoring yang yang dapat diakses K/L terkait. Selain itu. Bakamla RI juga dapat menggunakan kapal yang dimiliki Direktorat Kenavigasian. Kapal Negara (KN) Direktorat Kenaviagasian ini bertugas memelihara alur pelayaran serta memberikan dukungan logistik pada suar di wilayah terpencil. Kedua instansi juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam bentuk pertukaran data terkait operasi laut. (Bakamla/ddRed)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here